Tindik Bayi

| 27.7.08

Sore tadi Chelsea ke RSB YPK lagi. Gak sendiri donk, pastinya digendong papa mama. hehehe...

Ngapain Chelsea ke YPK? kan belum waktunya periksa rutin.

ssstt... katanya Chelsea mau ditindik. Papa mama sih ngomongnya bisik2. Mungkin biar Chelsea ga denger. hihihi.. padahal Chelsea denger, cuma, belum ngerti aja. hehehe

Kenapa sih Chelsea mau ditindik? kan Chelsea masih bayi? Kan Chelsea juga belum bisa bersolek ato pake make up? jadi belum perlu ditindik. ntar aja kalo udah gede. Mama awalnya juga berpikiran sama kaya Chelsea. Tapi papa berpikirnya lain. Kalo ditindik sekarang, pas Chelsea belum sebulan, sakitnya ga akan lama. Paling sakitnya cuma pas ditindik. habis itu udah selesai. Akhirnya mama ngikut pikiran papa.

Papa beli anting bayi yang 24K. Soalnya memang jenis logam itu yang katanya paling aman. Bisa juga yang berbahan stainless steel bahkan plastik, tapi harus yang hipoalergenic. Tujuannya mencegah infeksi. Di hampir semua toko emas punya kok. Jadi ga terlalu sulit cari anting emas untuk bayi.

Jadilah Chelsea sore tadi ke YPK.

Sebenarnya apa sih tindik itu?

Dari Mailing List Dokter Indonesia, Tindik telinga atau piercing adalah tindakan menggunakan instrument yang tajam, biasanya jarum atau "needle gun" untuk membuat lubang permanent di earlobe atau pada ditelinga bagian luar bawah yang lembut.

Orang tua memberikan tindik pada anaknya umumnya beralasan bahwa itu adalah tradisi keluarga, karena budaya, atau keinginan pribadi si ibu, bahkan ada yang dengan alasan sederhana agar ketahuan kalau anaknya itu perempuan.
Dari MLDI itu juga, dijelaskan bahwa selain resiko kena infeksi (karena umumnya ini adalah resiko yang kemungkinan dialami paling awal) perlu juga diperhatikan ada beberapa hal atau resiko lainnya antara lain:
  1. Terbentuknya Keloid yang kadang hilang dengan berlalunya waktu namun kadang membekas dan membuat telinga jadi tidak bagus, khususnya mereka yang orang tuanya punya riwayat mudah terbentuk keloid pada bekas luka.

  2. Reaksi Alergi, ada kemungkinan anaknya alergi terhadap logam. Gunakan perhiasan emas dengan minimal 14 karat atau bahan hippo allergenic stainless stell.

  3. Luka pada telinga yang dilubangi, anak kecil umumnya kadang suka bermain dengan anting/giwang nya, disarankan agar memakai anting yang mudah terlepas kalau tertarik dengan keras agar tidak melukai atau merobek telinga anak.

  4. Bahaya tertelan, ada kemungkinan giwang/anting tersebut terlepas dan kebiasaan anak kecil untuk memasukkan sesuatu kemulutnya atau terhisap ke lubang hidungnya.

Akhirnya Chelsea jadi juga ditindik. Cuma sebentar, ga sampe 5 menit, 2 telinga Chelsea udah ditindik.

Chelsea nangis?

Ya iyalaaaaahhh... Kan sakit banget. Chelsea sampe teriak keeeennccceeennng banget... ! tapi cuma sebentar habis itu dikasih ASI sama mama. hihihii... jadi diem lagi deh.

Jadi sekarang Chelsea udah pake anting. Udah cewe' banget deh.

Mo tau pendapat ibu2 temen2 mama di Dunia Ibu soal anting bayi? Seru banget!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

haduh chelsea lirikan matanya ga kuku..hehehhehe