Aqiqah-an

| 11.7.08

Hore.... hari ini Chelsea udah berumur seminggu. Menurut agama Chelsea, Islam, ketika anak berumur seminggu (7hari) disunnahkan untuk melaksanakan Aqiqahan.

Sunnah artinya apabila dilaksanakan kita mendapat pahala, bila tidak dilaksanakan tidak apa2 sesuai dengan kemampuan kita. Dan karena papa mama Chelsea ingin mendapat pahala juga buat kebaikan Chelsea, maka dilaksanakan Aqiqahan buat Chelsea.

Aqiqah merupakan salah satu tuntunan Allah SWT yang disampaikan melalui Nabi Muhammad SAW.

Aqiqah sendiri berasal dari kata dalam bahasa Arab Al-Aqqu yang berarti memotong (Al-Qoth'u). Aqiqah dalam istilah agama adalah sembelihan untuk anak yang baru lahir sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dengan niat dan syarat-syarat tertentu. Oleh sebagian ulama ia disebut dengan nasikah atau dzabihah (sembelihan).

Hukum aqiqah itu sendiri menurut kalangan Syafii dan Hambali adalah sunnah muakkadah. Dasar yang dipakai oleh kalangan Syafii dan Hambali dengan mengatakannya sebagai sesuatu yang sunnah muakkadah adalah hadist Nabi SAW, yang berbunyi,

"Anak tergadai dengan aqiqahnya. Disembelihkan untuknya pada hari ketujuh (dari
kelahirannya)". (HR al-Tirmidzi, Hasan Shahih)

Dalam pelaksanaan aqiqah disunahkan untuk memotong dua ekor kambing yang seimbang untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk anak perempuan. Pelaksanaan aqiqah menurut kesepakatan para ulama adalah hari ketujuh dari kelahiran. Namun demikian, apabila terlewat dan tidak bisa dilaksanakan pada hari ketujuh, ia bisa dilaksanakan pada hari ke-14. Dan jika tidak juga, maka pada hari ke-21 atau kapan saja ia mampu. Karena prinsip ajaran Islam adalah memudahkan bukan menyulitkan sebagaimana firman Allah SWT :

"Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu". (QS.Al Baqarah:185)

Papa Mama Chelsea memutuskan pelaksanaan Aqiqah akan minta bantuan ahlinya saja, karena Papa Mama Chelsea belum punya pengalaman. Cari2 di internet banyak sekali yang menawarkan jasa pelaksanaan Aqiqah yang semuanya professional dan bagus2. Akhirnya setelah tanya sana-sini, Papa memutuskan memilih Rumah Aqiqah dot org.

Akhirnya terlaksanalah Aqiqah Chelsea dengan menyembelih 1 ekor kambing yang dimasak Sate dan Gule dimana 1/3 nya dibagikan kepada tetangga sekitar rumah dan 2/3 nya dibagikan kepada fakir miskin dan panti asuhan yatim piatu.

Harusnya sih Aqiqah Chelsea dilaksanakan sekalian dengan cukur rambut Chelsea. Tapi Mama masih takut kalau rambut Chelsea dicukur. Soalnya Chelsea masih mungil banget. Jadinya Aqiqahan baru sampai tahap menyembelih kambing buat Chelsea.

Terima kasih papa mama, udah bikin aqiqah buat Chelsea. Semoga rasa syukur kita ini diridhoi Allah SWT. Amien.

0 komentar: