Sel Darah Tali Pusat

| 6.7.08

Secara ilmiah, saat ini di Indonesia telah ada Bank Darah Tali Pusat sejak Januari 2007. Bila pada kelahiran selama ini darah dari tali pusat dibuang begitu saja sesaat setelah seorang ibu melahirkan, ternyata pada darah tali pusat terkandung sel induk yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sel induk (menurut Dr. Surya Wardi dari littlebee) mampu membentuk sel-sel darah, sel-sel baru atau sel tubuh yang lain, seperti sel darah merah, sel darah putih, keping darah, sel hati, sel ginjal, dsb; mampu membentuk sistem kekebalan tubuh yang penting dan menggantikan sel-sel tubuh yang rusak. Di saat kita terluka, sel ini akan membelah diri menjadi sel baru, menggantikan sel yang rusak.

Menurut versi National Marrow Donor Program (NMDP) USA, pada saat ini sel induk dinyatakan telah teruji secara klinis sudah 72 jenis penyakit yang bisa disembuhkan di antaranya adalah leukimia, berbagai anemia, myeloma, kanker, dsb. Bahkan di masa mendatang penyakit jantung, hati, stroke, diabetes, alzheimer, lupus dan parkinson dapat disembuhkan dengan sel induk.

Sel induk pada darah tali pusat, saat ini terbukti telah banyak menyelamatkan hidup tidak hanya bagi sang bayi, melainkan untuk orang tua anda dan saudara sekandung. Sampai saat ini telah dilakukan lebih dari 3.000 transplantasi darah tali pusat.

Pada proses kelahiran, proses pengambilan darah tali pusat ini berjalan aman,
cepat, tidak beresiko dan tidak menyakitkan ibu maupun bayinya. diambil oleh
dokter kandungan.

Kesempatan untuk melakukan penyimpanan darah tali pusat ini hanya dimungkinkan tepat pada saat proses kelahiran bayi anda. Bila saat kelahiran ini darah tali pusat tidak disimpan maka materi yang amat berharga dan dapat menyelamatkan hidup ini akan hilang terbuang begitu saja dengan sia-sia.

Tapi saat ini biaya untuk menyimpan sel darah tali pusat di Indonesia masih cukup mahal. Karena itu papa mama Chelsea terpaksa masih melewatkan kesempatan yang katanya cuma sekali seumur hidup tersebut. Gapapa deh yang penting jaga kesehatan Chelsea aja.

0 komentar: