Gumoh

| 13.7.08

Sepulang dari dokter, Chelsea sama Papa Mama mampir sebentar ke rumah eyang bude di Lebak Bulus. Mampirnya cuma sebentar kok.

Sepanjang jalan pulang dari bude Chelsea bobo pulas banget. heheh enak sih di gendongan mama. Karna agak lama bobo, sampe di rumah, Chelsea langsung bangun trus nangis aja minta mimik ASI. hehehe... enak euy.

Tapi tiba-tiba... Chelsea muntah!!!

waaa... papa mama kelabakan. Apalagi Chelsea muntahnya keluar lewat hidung juga. Waduh gaswat nih, Papa Mama jadi panik. Setelah dibersihin, langsung telpon sana-sini. Telpon eyang di jogja, telpon suster di RSB YPK, telpon siapa aja deh, pokoknya heboh!

Dari telpon-telpon itu, semua bilang kalo muntah ato gumoh pada bayi baru lahir adalah wajar. Dari web site Tabloid Nakita, dijelaskan oleh dr. Rinawati Rohsiswatmo, SpA. bahwa tak apa-apa bayi muntah atau gumoh. Itu bagian dari refleks bayi. Apalagi jarak antara kerongkongan dan jalan nasofaring ini pendek, hingga mudah terjadi gumoh.

Gumoh pertanda bayi kebanyakan minum atau sudah kenyang. Lambung bayi itu
kecil, jika makanan/minumannya terlalu banyak akan membuatnya gumoh.
Bila gumoh terus-terusan, kita tak boleh berpikir terlalu jelek seperti halnya muntah. Mungkin saja karena kita mencekoki si bayi susu terus. Apalagi kadang bila bayi menangis, umumnya ibu akan menjejalkan mulut si bayi dengan susu. Padahal, mungkin saja si bayi tak lapar, tapi pipis atau hanya ingin digendong.
Tak apa-apa juga bila gumoh keluar lewat hidung, selama bayi tak tampak biru.
Jika sampai biru dan tersedak, artinya sudah masuk ke jalan napas.
Kita harus bisa membedakan antara gumoh dan muntah. Gumoh keluar begitu saja dari mulut dan sedikit. Sedangkan muntah, ada tekanan negatif dari perut mendorong diafragma. Jika muntahnya hanya sekali, mungkin bisa dipikirkan kekenyangan. Tapi jika muntahnya lebih dari 3 kali atau setiap minum muntah, mungkin ada obstruksi/sumbatan, baik di sekitar lambung atau lebih ke bagian bawahnya. Jika demikian, harus dibawa ke dokter. Kalau ternyata ada obstruksi, harus dilakukan operasi.

Dari penjelasan-penjelasan lewat telpon ato pun lewat browsing internet, akhirnya Papa Mama bisa tenang dan lebih berhati-hati jagain Chelsea, terutama kalau Chelsea kebanyakan mimik ASI.

0 komentar: